sharpnel_content
Konsultasi Dokter Jarak Jauh dengan Aplikasi SiapDok

Blog 08 Mar 2021


Konsultasi Dokter Jarak Jauh dengan Aplikasi SiapDok

Share

Meningkatnya jumlah pasien Covid19 di berbagai daerah di Indonesia menandakan penyebaran virus corona yang semakin memprihatinkan. Rumah sakit menjadi penuh pasien dan akhirnya tak sanggup lagi menampung pasien.

Aplikasi SiapDok: Wujud Pemanfaatan Teknologi untuk Kesehatan

Padahal, di antara pasien-pasien rumah sakit, ada yang sakitnya bukan karena virus corona tapi harus mengurungkan diri ke RS karena penuh atau takut tertular. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan. Oleh karenanya, RSCM meluncurkan aplikasi telekonsultasi SiapDok.

Pemanfaatan teknologi untuk kesehatan sejalan dengan diterbitkannya Surat Edaran Menteri Kesehatan No. 303 tahun 2020 dan Peraturan Konsil Kedokteran No 74 tahun 2020 terkait Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

RSCM yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan juga harus berinovasi agar tetap bisa memberikan pelayanan kesehatan di masa pandemi COVID19. Aplikasi telekonsultasi SiapDok yang diluncurkan RSCM Jakarta diharapkan mampu memberikan pelayaan kesehatan jarak jauh.

Aplikasi SiapDok diluncurkan bertepatan dengan ulang tahun RSCM ke 101 pada tanggal 21 November 2020. Aplikasi SiapDok diluncurkan secara virtual oleh Menkes Terawan Agus Putranto. Telekonsultasi memungkinkan masyarakat untuk melakukan konsultasi dengan dokter secara daring (online).

Aplikasi SiapDok Tak Hanya untuk Pasien

Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti mengungkapkan bahwa aplikasi SiapDok tidak hanya untuk pasien dan dokter, tapi ia bisa juga digunakan sebagai wadah transfer ilmu bagi sesama dokter rumah sakit yang bekerja sama dengan RSCM.

Cara Menggunakan Aplikasi SiapDok

  1. Unduh aplikasi SiapDok di Google Play (Android), atau klik link ini
  2. Jalankan aplikasi SiapDok. Anda harus  registrasi dengan memasukkan nomor handphone. Klik ‘Lanjut’.
  3. Masukkan kode OTP yang sudah dikirim ke handphone anda via SMS.
  4. Menu Beranda aplikasi SiapDok berisi artikel-artikel informatif seputar kesehatan.
  5. Untuk melakukan telekonsultasi dengan dokter-dokter RSCM, masuk ke menu ‘Daftar’.
  6. Tap menu ‘RSCM’, kemudian pilih klinik. Ada banyak klinik yang tersedia seperti klinik orthopaedi dan traumatology, Kesehatan Jiwa (Psikiatri), Penyakit Dalam, Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Dermatologi dan Venereologi, Anestesi, Akupuntur, Bedah Saraf, Ilmu Bedah, Urologi, Penyakit Syaraf, Radiologi, Ilmu Kesehatan Anak, Mata, dan masih banyak lagi klinik lainnya.
  7. Sayangnya, jika ingin melakukan telekonsultasi dengan dokter-dokter di RSCM harus melihat ketersediaan dokter tersebut di aplikasi SiapDok.

Buat Aplikasi Mobile Berkualitas untuk Kelancaran Bisnis Anda

Saat ini bertebaran aplikasi-aplikasi mobile yang bertujuan untuk mempermudah hidup manusia. Seperti halnya aplikasi SiapDok yang berguna untuk menunjang kesehatan masyarakat melalui layanan telekonsultasi dengan dokter.

Anda bisa lho membuat aplikasi mobile yang disesuaikan untuk keperluan bisnis yang anda kelola. Mintalah bantuan konsultan IT terpercaya yang berpengalaman dalam pembuatan aplikasi mobile, seperti AsiaQuest Indonesia.

Pengalaman selama bertahun-tahun melayani klien dalam negeri dan luar negeri, merupakan modal utama kami untuk menawarkan layanan pengembangan software dan system yang berkualitas. Kami siap mendukung program transformasi digital pemerintah Indonesia melalui layanan konsultasi IT, web/web system development, mobile app development, digital marketing, dan masih banyak lagi lainnya.

Hubungi tim IT kami untuk informasi lebih lanjut.

Referensi:

sehatnegeriku.kemkes.go.id

Technology photo created by xb100 – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top