sharpnel_content
Konsultasi Dokter Hingga Cek Riwayat Periksa di Aplikasi Mobile JKN

Blog 12 Nov 2020


Konsultasi Dokter Hingga Cek Riwayat Periksa di Aplikasi Mobile JKN

Share

BPJS Kesehatan merupakan sebuah program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Selama ini, keanggotaan BPJS Kesehatan bersifat wajib untuk seluruh rakyat Indonesia.

Rakyat Indonesia sebagai peserta BPJS Kesehatan wajib membayar iuran kepesertaan setiap bulannya. Bagi masyarakat yang tidak mampu, bisa diikutkan ke program penerima bantuan dimana iuran BPJS nya dibayarkan oleh pemerintah.

Kemudian, bagi para peserta BPJS Kesehatan disediakan sebuah aplikasi mobile khusus yang diberi nama Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Aplikasi Mobile JKN memiliki beberapa fitur yang bermanfaat untuk para peserta BPJS Kesehatan.

Satu Aplikasi untuk Semua Informasi BPJS Kesehatan

Di dalam aplikasi Mobile JKN, tersedia menu yang cukup lengkap, yaitu:

1. Peserta

Berisi informasi peserta seperti nama, nomor anggota BPJS Kesehatan, kelas BPJS, tempat tanggal lahir, serta faskes dimana peserta terdaftar.

2. Ubah Data Peserta

Peserta BPJS Kesehatan bisa melakukan perubahan data melalui menu Ubah Data Peserta. Di menu ini pula, peserta BPJS Mandiri bisa mengubah faskes mereka, misalnya dari faskes A ke faskes B. Cukup melakukan perubahan via mobile, pengguna bisa memperoleh layanan di faskes yang mereka tuju.

3. Premi

Menu ini berisi informasi premi atau iuran yang dibayarkan oleh peserta BPJS Kesehatan. Khusus peserta BPJS Kesehatan yang kepesertaannya adalah karyawan swasta, premi tidak bisa dilihat karena premi dibayarkan oleh perusahaan tempat bekerja.

4. Jadwal Tindakan Operasi

Merupakan menu baru di aplikasi Mobile JKN dan berisi informasi jadwal tindakan operasi peserta.

5. Skrining Mandiri COVID19

Aplikasi Mobile JKN juga memiliki fitur skrining mandiri COVID19 berupa kuesioner pertanyaan. Kuesioner ini hendaknya dijawab dengan jujur untuk mendapatkan rekomendasi yang sebenar-benarnya. 

6. Konsultasi Dokter

Anda yang selama masa pandemi takut berobat ke dokter, bisa mencoba menu Konsultasi Dokter. Ini merupakan menu baru yang diluncurkan agar masyarakat bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus bertatap muka.

7. Obat Ditanggung

Di menu ini, peserta BPJS Kesehatan bisa mengetahui jenis obat-obatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

8. Pendaftaran Pelayanan

Anda bisa mendaftar layanan pemeriksaan melalui aplikasi Mobile JKN melalui menu ini. Anda bisa mendaftar mulai 24 jam sebelum jam operasional buka hingga 1 jam sebelum jam tutup operasional.

9. Riwayat Pelayanan

Di menu riwayat pelayanan, peserta BPJS Kesehatan bisa melihat daftar riwayat pemeriksaan yang dilakukan di institusi kesehatan dimana peserta memeriksakan diri. Tentunya ketika periksa, statusnya adalah sebagai pasien BPJS Kesehatan. Kalau Anda periksa sebagai pasien mandiri atau bayar sendiri tidak akan tercatat di aplikasi ini.

10. Info JKN

Menu Info JKN mengandung informasi lengkap seperti pendaftaran peserta, hak dan kewajiban, sanksi, serta fasilitas dan manfaat. Dengan adanya menu ini, peserta tidak bisa berkelit tidak tahu karena semua info sudah ada di aplikasi Mobile JKN.

Selain menu-menu  penting di atas, Mobile JKN juga memiliki beberapa menu lain seperti Program Relaksasi, Pendaftaran Autodebet, Pendaftaran Peserta, Catatan Pembayaran, Pembayaran, Skrining kesehatan, Cek VA, Lokasi kantor, serta menu pengaduan keluhan.

Menggunakan aplikasi Mobile JKN akan sangat membantu para peserta BPJS Kesehatan untuk memperoleh layanan maupun informasi yang akurat mengenai kepesertaan BPJS Kesehatan mereka. 

Lalu, sudahkah Anda menggunakan aplikasi Mobile JKN? Unduh sekarang  untuk mendapatkan manfaat lebih dari program jaminan kesehatan BPJS Kesehatan!

Referensi: bpjs-kesehatan.go.id
Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top