sharpnel_content
Ini yang Anda Dapatkan Kalau 5G Rilis di Indonesia

Blog 19 Feb 2021


Ini yang Anda Dapatkan Kalau 5G Rilis di Indonesia

5G
Share

Internet 5G saat ini sedang hangat dibicarakan di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Konon, dengan jaringan internet 5G, pengalaman berselancar di dunia maya akan menjadi jauh lebih baik. Jika benar, apakah anda penasaran apa sih yang bisa didapatkan kalau 5G rilis di Indonesia?

Kualitas Gambar yang Menakjubkan

Salah satu keunggulan dari jaringan 5G adalah kemampuannya untuk menampilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik. Menonton film di Netflix di layar lebih lebar akan semakin menakjubkan bila menggunakan koneksi internet 5G.

Platform Netflix menyediakan paket streaming HD hingga Ultra HD. Sayangnya, berlangganan paket tersebut akan terasa kurang bila tidak didukung dengan perangkat dan jaringan internet yang bisa mendukung streaming HD dan Ultra HD.

Pengalaman Gaming yang Lebih Baik

Bagi penggemar gaming online seperti Dota, Mobile Legend, dan masih banyak lagi lainnya, jangan lewatkan pengalaman gaming yang jauh lebih baik bila menggunakan koneksi 5G. Jaminannya yaitu gaming online tanpa lagging.

Belum lagi bila teknologi 5G ini dipadukan dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Di masa depan, kemungkinan besar AR dan VR akan berpindah ke cloud daripada menggunakan PC seperti sekarang ini, sehingga dibutuhkan koneksi cepat dan stabil seperti 5G.

5G Menghubungkan Lebih Banyak Perangkat IoT

Saat ini, kita bisa menemukan lebih banyak perangkat IoT di sekitar misalnya wearable device seperti gelang pintar, jam pintar, colokan listrik pintar, kulkas pintar, penyiram otomatis, pintu garasi pintar, tempat sampah pintar, drone pintar untuk pertanian, dsb. Perangkat-perangkat tersebut saling terhubung dengan menggunakan koneksi internet seperti wi-fi.

Tapi, semakin banyak perangkat IoT yang terhubung dengan internet, akan semakin membebani internet. Untuk itu, dibutuhkan koneksi yang lebih baik seperti koneksi internet 5G yang disebut-sebut lebih mampu menghubungkan ribuan hingga jutaan perangkat dan mengontrol koneksi dalam skala yang lebih besar.

5G Lebih Hemat Energi

Teknologi 5G dikembangkan lebih baik daripada teknologi sebelumnya termasuk untuk urusan penggunaan energi. Para pengembang menerapkan teknologi baru untuk mengurangi konsumsi energi pada jaringan. Penurunan konsumsi energi pada 5G dinilai lebih signifikan yaitu mencapai 90% dibandingkan yang ada saat ini.

Sumber: Cncbindonesia.com
Technology photo created by freepik – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top