sharpnel_content
Honor Play Pro 4, Smartphone Pertama dengan Termometer

Blog 23 Okt 2020


Honor Play Pro 4, Smartphone Pertama dengan Termometer

Share

Semenjak pandemi COVID19, termometer menjadi barang wajib dimana-mana. Di tempat-tempat umum seperti rumah sakit, tempat belanja, kantor-kantor, dsb pasti akan melakukan pengecekan suhu pengunjung secara rutin. 

Pabrikan ponsel pintar asal Tiongkok, Honor, yang merupakan sub brand dari Huawei, merespon cepat permintaan pasar akan termometer. Akhirnya, lahirlah Honor Play Pro 4, sebuah ponsel pintar pertama yang disematkan termometer didalamnya.

Bayangkan, membeli sebuah ponsel pintar dengan ‘bonus’ termometer didalamnya? Tidak perlu lagi repot-repot membeli termometer di pasaran yang harganya sendiri ratusan ribu. Memegang ponsel pintar dengan termometer didalamnya, Anda bisa memeriksa suhu tubuh Anda kapanpun Anda mau.

Kemudian, termometer ini dibuat oleh pabrikan ponsel pintar, tentu kita berharap lebih dengan mengira mungkin termometernya juga akan sepintar si ponsel. Jadi, seperti apa sih smartphone pertama dengan termometer ini?

Honor Play Pro, Ponsel Pertama di Dunia dengan Sensor IR untuk Mengukur Suhu

Dikutip dari kompas.com, Honor Play Pro 4 menyematkan termometer pada ponselnya. Dengan memanfaatkan sensor infra merah (infrared), termometer di Honor Play Pro 4 diklaim bisa mengukur suhu mulai -20 derajat celsius hingga 100 derajat celsius.

Memang sih hasil pengukuran suhunya tidak seakurat thermal scanner, tapi termometer di Honor Play Pro 4 sudah lumayan lho untuk mendeteksi adanya gejala demam atau tidak. Apalagi di masa pandemi COVID19 sekarang ini, suhu tubuh menjadi pertimbangan penting.

Untuk mengukur suhu tubuh cukup mudah, pengguna ponsel pintar Honor Play pro 4 cukup membuka aplikasi termometer yang merupakan aplikasi bawaan ponsel. Pengguna kemudian harus mendekatkan ponsel ke dagu. Pengecekan dilakukan menggunakan sensor infrared yang disematkan ke ponsel. Hasil pengukuran suhu akan ditampilkan secara real time. 

Apakah Anda Berminat Membelinya?

Fitur termometer dalam Honor Play pro 4 rasanya cukup untuk menggaet pembeli dari kalangan masyarakat yang suka was-was dengan suhu tubuh akibat pandemi COVID19. Selain itu, masyarakat yang aktivitasnya lebih banyak di luar mungkin juga mempertimbangkan ponsel pintar ini.

Sayang seribu sayang, karena Honor Play Pro 4 baru diluncurkan di Tiongkok saja dan belum ada informasi apakah ponsel ini akan tersedia di Indonesia. Wah, sayang sekali, ya! Padahal selain ‘fitur anti COVID19’ seperti termometer, Honor Play Pro 4 ini juga punya spesifikasi yang lumayan mumpuni, lho.

Sebut saja layar 6,57 inchi, panel IPS LCD, resolusi 1080 x 2400 piksel, chipset Kirin 990, RAM 8 GB, dan penyimpanan internal mencapai 128 GB. Selain itu, Honor Play Pro 4 ini dibekali dukungan konektivitas 5G, lho!

Baterai cukup jumbo yakni 4200 mAh. Saat ini harga jualnya di negeri tirai bambu adalah sebesar 2.999 yuan atau sekitar 5,9 juta rupiah. 

Referensi: kompas.com

Sumber photo: Youtube

Browse blog by tag

Back To Top