sharpnel_content
Digitalisasi Perbankan, Buka Rekening Tabungan Kini Digital

Blog 11 Nov 2020


Digitalisasi Perbankan, Buka Rekening Tabungan Kini Digital

Share

Tahukah Anda, berkat digitalisasi perbankan kini untuk membuka tabungan kita tidak perlu ke kantor cabang? Cukup duduk manis di sofa rumah Anda dan lakukan pembukaan rekening tabungan melalui aplikasi mobile.

Kini, di tengah pandemi COVID19 yang melanda, teknologi digital semakin luas lagi pemanfaatannya. Beberapa bulan lalu mungkin hanya kita temukan satu dua bank yang menyediakan layanan pembukaan rekening tabungan secara digital. Tapi, sekarang ini kita bisa menemukan lebih banyak karena bank berlomba-lomba membuka layanan pembukaan rekening secara digital.

Beberapa bank yang diketahui menyediakan layanan pembukaan rekening secara digital misalnya Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank CIMB Niaga. Bukan tanpa alasan, penyediaan layanan pembukaan rekening digital ini sudah diberikan ijin oleh OJK melalui Peraturan OJK (POJK) No.12/POJK.03/2018 tentang digital banking dan video banking.

Bank BNI yang tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), mengakui adanya kenaikan pembukaan rekening sejak meluncurkan layanan pembukaan rekening secara digital di tahun 2019 lalu. Bank BNI berharap layanan pembukaan rekening digitalnya bisa meningkatkan nasabah baru BNI hingga 5 juta nasabah di tahun ini.

Semakin Banyak yang Bisa dilakukan dengan Aplikasi Mobile Banking

Beberapa tahun lalu aplikasi mobile banking mungkin kegunaannya hanya terbatas pada memeriksa saldo rekening atau transfer uang antar rekening saja. Kini berbeda, aplikasi mobile banking semakin ditingkatkan dan memiliki fungsi yang lebih luas.

Terhubung langsung dengan rekening, pengguna mobile banking kini bisa bertransaksi apapun melalui mobile banking, seperti memeriksa saldo tabungan, transfer antar bank, mengisi saldo dompet elektronik (OVO, Dana, Shopeepay, dsb), membayar langganan internet, air, PLN, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak heran bila kini masyarakat memilih untuk beralih ke aplikasi mobile banking lantaran banyaknya kemudahan yang ditawarkan. Bila semua aplikasi mobile banking sudah secanggih itu, maka cukup dengan satu aplikasi untuk seluruh kebutuhan.

Buka Rekening Digital, Cukup Melalui Aplikasi Mobile Banking

Bagi masyarakat yang ingin membuka rekening tabungan, maka sekarang bisa dilakukan melalui aplikasi mobile banking. Jaman dulu, Mobile banking hanya bisa digunakan oleh nasabah, tapi kini masyarakat bisa mengunduh dan melakukan instalasi aplikasi, untuk kemudian membuka rekening tabungan di bank yang dituju.

Contohnya adalah membuka rekening tabungan BCA secara online. Cara yang ditawarkan sepenuhnya online, lho. Pertama-tama Anda hanya perlu mengunduh dan melakukan instalasi aplikasi BCA Mobile di PlayStore (Android) maupun AppStore (iOS). 

Berikut adalah langkah-langkah membuka rekening tabungan BCA secara online:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile, pilih menu ‘Buka Rekening Baru’.
  2. Pilih Jenis tabungan yang ingin dibuka
  3. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan
  4. Isi Data Diri
  5. Pilih jenis kartu
  6. Video call dengan officer Bank BCA untuk verifikasi data
  7. Aktivasi e-banking agar Anda bisa segera bertransaksi secara mobile dan internet banking

Mudah sekali, kan? Bank BCA termasuk pelopor dalam hal pembukaan rekening tabungan secara online, sama sekali tidak perlu datang ke kantor cabang untuk bertemu petugas. Kartu nantinya akan dikirimkan ke alamat rumah Anda, lho.

Setelah Bank BCA, bank-bank lain kini mulai mengikuti jejak dengan melakukan hal serupa. Nah, yuk kita tunggu terobosan-terobosan dari digital banking yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi perbankan.

Ayo digitalkan bisnis Anda dan dapatkan peluang lebih besar untuk meraih pasar yang lebih luas. Konsultasikan urusan digital bisnis Anda kepada tim ahli kami. Hubungi [email protected] untuk informasi lebih lanjut!

Referensi:

  1. keuangan.kontan.id
  2. bca.co.id

Photo by Anastasiia Ostapovych on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top