sharpnel_content
Deretan Aplikasi Mobile dengan Penghasilan Tertinggi di Tahun 2020

Blog 28 Des 2020


Deretan Aplikasi Mobile dengan Penghasilan Tertinggi di Tahun 2020

Share

Tahun 2020 menjadi tahun yang bersinar bagi beberapa aplikasi mobile. Aplikasi-aplikasi tersebut berhasil meraup keuntungan berlipat-lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Sensor Tower, yang merupakan sebuah perusahaan periset pasar aplikasi merilis deretan aplikasi dengan penghasilan tinggi di sepanjang tahun 2020.

Berikut adalah deretan aplikasi mobile dengan penghasilan tinggi di sepanjang tahun 2020:

10. BIGO LIVE

Di urutan ke 10 ada aplikasi BIGO LIVE sebagai aplikasi dengan penghasilan tertinggi. Aplikasi BIGO LIVE merupakan aplikasi berbagi video maupun chat secara langsung atau stream live. Aplikasi tersebut diluncurkan sejak tahun 2016 dan langsung popular. Nampaknya, selama pandemi COVID19 aplikasi ini semakin mendapatkan pengemar. Selain untuk keperluan hiburan, tak sedikit yang memanfaatkan BIGO LIVE untuk mendapatkan uang.

9. Netflix

Netflx berada di urutan ke 9 sebagai aplikasi dengan pendapatan terbanyak sepanjang 2020. Netflix merupakan aplikasi untuk menonton film streaming. Pandemi memaksa orang berada di rumah saja dan mendorong orang-orang untuk mencari hiburan yang cocok, dan nampaknya Netflix cocok dengan kriteria ini.

Netflix mencatat ada lonjakan pengguna baru kala pandemi COVID19 di mulai. Tak heran kalua Netflix berhasil menempatkan diri di 10 besar aplikasi dengan pendapatan tertinggi 2020.

8. Google One

Di urutan ke 8 kita bertemu dengan aplikasi Google One. Google One merupakan aplikasi besutan Google yang dikenalkan tahun 2018, ia merupakan layanan penyimpanan data berbayar milik Google. Fungsinya mirip-mirip dengan Google Drive, hanya saja kapasitas yang ditawarkan jauh lebih besar dari GDrive yang hanya 15 GB. Di Google One, tersedia paket berlangganan dengan harga terjangkau, mulai dari 2 US dollar untuk 100GB, 3 US dollar untuk 200GB, hingga 10 US dollar untuk kapasitas 2TB.

7. iQIYI

Di urutan ke 7 ada aplikasi iQIYI. Aplikasi iQIYI merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengunduh dan menonton streaming film. iQIYI merupakan aplikasi asal China, dan sudah ada sejak tahun 2010. Saat ini iQIYI termasuk aplikasi streaming film terbesar di dunia dengan 6 trilyun jam dihabiskan di layanan ini setiap bulannya. 

6. Piccoma

Di urutan ke 6 ada Piccoma yang merupakan aplikasi berbayar untuk membaca manga. Pikkoma merupakan aplikasi yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Piccoma bisa diakses melalui aplikasi mobile, tablet, maupun PC. Piccoma dikembangkan oleh Kakao, Japan. 

5. Disney+

Di urutan ke 5, ada aplikasi Disney+ yang merupakan aplikasi untuk berlangganan film streaming. Aplikasi Disney+ menyediakan film-film buatan Disney yang tentunya sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Nonton film Disney, Marvel, Pixar, Star Wars, National Geographic bisa banget di aplikasi Disney+. Los Angeles Times melaporkan pelanggan Disney+ mencapai 74 juta secara global. 

4. Tencent Video

Tencent Video merupakan sebuah platform streaming video asal China yang dikembangkan oleh Tencent. Tencent Video diluncurkan tahun 2011 dan merupakan top streaming platform menyaingi iQIYI. Di kuartal II tahun 2020, chinainternetwatch.com melaporkan ada 114 juta pelanggan di seluruh dunia.

3. Tinder

Tinder berada di urutan ketiga sebagai aplikasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang tahun 2020. Di kuartal III 2020, Tinder mencatatkan ada sekitar 400.000 pengguna baru, sehingga total pengguna adalah 6.6 juta di seluruh dunia. Aplikasi pencari pasangan kencan ini juga mampu mendorong penjualan hingga 15% dari tahun ke tahun.

2. YouTube

YouTube merupakan aplikasi besutan Google, Inc yang berhasil menduduki peringkat 10 besar dalam kategori aplikasi mobile dengan pendapatan tertinggi versi Sensor Tower, selama tahun 2020. YouTube berhasil mencatatkan keuntungan mencapai 94 juta dollar AS (sekitar 1,3 trilyun rupiah). Pengguna terbesar YouTube berasal dari US dan menyumbang sekitar 56% dari total pendapatan. Jepang menjadi yang kedua terbanyak dengan kontribusi sebesar 11% secara global.

1.TikTok

TikTok masih menjadi aplikasi dengan pendapatan tertinggi di dunia. Di bulan Oktober 2020, TikTok mencatatkan keuntungan lebih dari 115 juta dollar AS (setara dengan 1,6 trilyun rupiah). Selain menjadi aplikasi dengan pendapatan tertinggi di dunia, TikTok juga menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh secara global.

Aplikasi asal China ini paling banyak mendapatkan keuntungan dari penggunanya di China dengan persentase sekitar 86%, kemudian 8% dari pengguna di US, dan 2% dari pengguna di Turki.

 

Referensi:

  1. tech.hindustantimes.com
  2. merdeka.com
  3. chinainternetwatch.com

Browse blog by tag

Back To Top