sharpnel_content
Bermodalkan Wajah, Anda dapat Berbelanja di Vending Machine

Blog 15 Okt 2020


Bermodalkan Wajah, Anda dapat Berbelanja di Vending Machine

Share

Ketika melancong ke Jepang, kita mungkin akan takjub dengan banyaknya mesin penjual otomatis (vending machine). Vending machine di Jepang bisa dengan mudah ditemui di tempat umum dan jumlahnya banyak sekali. Mereka menjual minuman, makanan, bahkan buku melalui vending machine.

Gunakan Wajah untuk Belanja di Vending Machine

Selama ini, vending machine menerima pembayaran uang koin. Akan tetapi, sebuah inovasi dilakukan oleh DyDo. DyDo adalah produsen minuman terkenal di Jepang. Vending Machine milik DyDo seringkali istimewa, seperti mesin yang mampu mengucapkan terima kasih dengan dialek Osaka (yang merupakan asal DyDo), mesin yang memberikan pesan motivasi, bahkan meminjamkan payung ketika hari sedang hujan.

Sekarang DyDo kembali berinovasi dengan vending machine yang dilengkapi perangkat pengenalan wajah (facial recognition). Perangkat pengenalan wajah ini bisa dibilang jadi alat bayar karena Anda tak perlu lagi mengeluarkan koin yen, cukup bermodalkan wajah sudah terafirmasi.

Proyek Bersama antara DyDo dan NEC

Vending Machine dengan perangkat pengenalan wajah tersebut merupakan sebuah proyek bersama antara DyDo sang produsen minuman, dengan NEC, sebuah perusahaan teknologi raksasa di Jepang. 

Saat ini DyDo sudah melengkapi vending machine miliknya dengan sistem pengenalan wajah Bio-IDiom milik NEC Corp. Dengan ini para pelanggan sudah mulai bisa menggunakan wajah mereka untuk membeli minuman.

Daftarkan Diri dan Kartu Kredit

Meski kami katakan bermodalkan wajah, tapi tetap saja ada sebuah proses yang harus dilakukan sebelum bisa menikmati sistem tersebut. Pertama-tama, Anda harus membuat akun (melalui smartphone) dan mendaftarkan wajah Anda serta kartu kredit.

Setelah terdaftar, mesin akan mengizinkan Anda untuk menggunakan wajah Anda sebagai alat bayar di vending machine. Tidak perlu lagi memasukkan koin, tagihan, atau prepaid IC card.

Sebagai tambahan, mesin juga meminta Anda untuk memasukkan 4 digit kode angka untuk menyelesaikan pembayaran. Prosedur tambahan ini digunakan untuk melindungi Anda dari oknum tak dikenal yang ingin ‘menumpang’ untuk mendapatkan minuman gratis.

Vending Machine canggih ini telah digunakan di beberapa kantor DyDo dan NEC Corp sebagai bagian dari masa percobaan selama 3 bulan. Bila sukses, mereka akan mulai menyediakannya ke publik.

Referensi:

japantoday.com

Sumber photo: Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top