sharpnel_content
Aplikasi Mobile Pelacak Kehamilan

Blog 16 Nov 2020


Aplikasi Mobile Pelacak Kehamilan

Share

Ibu hamil memerlukan banyak informasi seputar kehamilannya. Kabar baiknya, sekarang ini informasi seputar kehamilan bisa didapatkan dengan mudah di internet. Nah, selain itu ibu hamil bisa juga menginstall aplikasi untuk membantu melewati masa kehamilan dengan mudah.

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa aplikasi mobile yang berguna untuk menemani ibu hamil melewati masa kehamilan dengan sehat dan selamat. Yuk, langsung kita cek listnya:

1. Pregnancy+

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan untuk ibu hamil adalah aplikasi Pregnancy+ (baca: pregnancy plus). Aplikasi ini menyediakan artikel-artikel seputar kehamilan. Anda akan diminta memasukkan data kehamilan Anda serta menyediakan artikel-artikel yang relevan dengan usia kehamilan Anda.

Selain itu, Pregnancy+ memiliki fitur penting yang sangat berguna untuk ibu hamil yaitu fitur baby kicks untuk membantu ibu hamil menghitung jumlah tendangan bayi, serta fitur contractions untuk membantu menghitung jumlah kontraksi.

Beberapa fitur lain juga tersedia seperti My Weight (memantau berat badan selama hamil), My Bump, Birth Plan, Appointments, To Do, Guides, Hospital Bag, Shop, dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi ini tersedia di PlayStore (Android) maupun App Store (iOS).

2. Flo

Aplikasi selanjutnya yaitu aplikasi Flo. Flo sebetulnya aplikasi pencatat siklus menstruasi, tetapi ia bisa juga diubah ke mode kehamilan bila pengguna sedang hamil. Aplikasi akan langsung menyesuaikan konten dengan kondisi kehamilan ibu.

Aplikasi flo menyediakan fitur chatbot dengan AI, sehingga ibu hamil akan dikontrol kesehatannya melalui chatbot di Flo. Selain itu, setiap periode pada kehamilan ibu akan dijelaskan dengan detail melalui artikel yang mereka rekomendasikan.

Sayangnya, Flo belum punya fitur penting untuk ibu hamil seperti penghitung jumlah tendangan bayi (kicks counter) dan penghitung kontraksi. Padahal, kalau sudah punya fitur tersebut, maka ibu hamil memiliki aplikasi Flo saja sudah cukup.

Flo juga tersedia di PlayStore (Android) dan AppStore (iOS).

3. Teman Bumil

Selanjutnya ada aplikasi Teman Bumil. Aplikasi ini memiliki tiga mode, yaitu mode program hamil, mode kehamilan, dan mode tumbuh kembang. Kalau Anda sedang hamil, maka pilih mode kehamilan. 

Untuk mode kehamilan, ibu hamil akan diminta memasukkan data kehamilan seperti Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) atau Hari Perkiraan Lahir (HPL). Aplikasi Teman Bumil akan memberikan rekomendasi artikel seputar kehamilan ibu dan disesuaikan dengan usia kehamilan.

Aplikasi ini tersedia di PlayStore (Android) dan AppStore (iOS).

4. theAsianparent

Aplikasi selanjutnya adalah theAsianparent. Aplikasi ini cukup lengkap karena ia meliputi informasi kehamilan sekaligus parenting. 

Aplikasi theAsianparent kami rasa sangatlah lengkap fiturnya, meliputi: pemantau kehamilan, pemantau bayi (kalau sudah lahir), checklist untuk mencatat perkembangan, makanan dan nutrisi, aktivitas yang dilakukan, obat-obatan, media, artikel, nama bayi, resep, pembelanjaan, dan fitur khusus COVID19.

Selain itu, ada juga fitur yang sangat penting untuk ibu hamil yaitu kick counter, atau fitur untuk menghitung jumlah tendangan bayi. Aplikasi ini tersedia secara gratis di PlayStore (Android) dan AppStore (iOS).

Nah itu dia empat aplikasi mobile yang kami rekomendasikan karena bermanfaat untuk membantu ibu hamil melewati proses panjang kehamilannya. Nah, dengan fitur pemantau kehamilan dan artikel-artikel yang relevan, ibu hamil akan lebih terbantu dalam menghadapi berbagai macam kondisi yang terjadi selama hamil.

Sumber: Pengamatan Pribadi

Baby photo created by tirachardz – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top