sharpnel_content
Apakah Programmer Harus Jago Matematika?

Blog 10 Mar 2021


Apakah Programmer Harus Jago Matematika?

Share

Programmer mungkin kelihatan sangat ‘saintis’ karena setiap hari berkutat dengan kode-kode. Tetapi, kemudian timbul pertanyaan, “apakah bila saya ingin menjadi seorang programmer, saya harus memiliki kemampuan matematika yang kuat?”

Apakah Programmer Harus Jago Matematika?

“Bagaimana bila saya tidak jago matematika tapi saya sangat tertarik dengan dunia kode (coding)?”

Tidak dapat dimungkiri, programmer-programmer pertama adalah para matematikawan. Para matematikawan inilah yang menyusun kode-kode awal dalam dunia pemrograman. Akan tetapi, puluhan tahun lalu memang jurusan pemrograman belum ada, sehingga orang yang melakukan pemrograman mungkin memang orang-orang yang belajar matematika.

Di masa sekarang jurusan pemrograman tersedia di kampus-kampus perguruan tinggi. Untuk mahasiswa yang belajar ilmu komputer atau teknik komputer mungkin memang akan banyak berkutat dengan banyak sekali matematika. Tapi dalam praktik pemrograman sehari-hari (apalagi dalam web development) matematika tidak terlalu esensial.

Memang pada cabang pemrograman tertentu, matematika sangat dibutuhkan, misalnya kalau anda kerja di mesin rendering 3D, GIS application, kriptografi, blockchain, AI, dan machine learning. Tapi tetap saja, matematika yang dibutuhkan di cabang-cabang pemrograman di atas, adalah matematika yang bukan diajarkan di sekolah.

Matematika juga dibutuhkan supaya programmer bisa memahami kompleksitas sebuah algoritma, tapi bukan berarti anda akan menemukan algoritma baru, paling tidak di beberapa tahun awal karir anda sebagai programmer.

Lalu apa yang paling dibutuhkan sebagai seorang programmer?

Seorang programmer dibutuhkan skillnya terutama skill dalam problem solving. Matematika yang diajarkan di sekolah-sekolah melatih kita untuk menyelesaikan sebuah soal yang mana termasuk dalam karakter problem solving

Beberapa konsep matematika terkadang dibutuhkan seperti kalkulus dan aljabar, atau logika, tapi hanya dasar-dasarnya saja. Anda tidak perlu mengetahui kompleksitas angka, probabilitas, persamaan, grafik, eksponensial, dan algoritma, limit, turunan, integral, dsb.

Jadi, kesimpulannya adalah, untuk menjadi seorang programmer anda tidak perlu jago banget di bidang matematika. Jadi jangan berkecil hati kalau nilai matematika anda sekarang pas-pasan, anda tetap bisa kok berkarir jadi programmer. Dasar-dasar matematika tetap dibutuhkan.

Yang perlu anda ketahui, menjadi seorang programmer haruslah kuat dalam hal problem solving dan kemauan untuk terus belajar. Tanpa itu, mustahil berkarir menjadi programmer yang sukses.

Nah, kalau anda ingin pemrograman di cabang-cabang ilmu khusus seperti machine learning, kecerdasan buatan (AI), big data, dsb maka baru disitulah kemampuan matematika diperhitungkan. Akan tetapi, masih saja matematika yang dibutuhkan di situ bukanlah matematika yang diajarkan waktu di sekolah, tapi lebih kompleks lagi.

Referensi:

flaviocopes.com 

Photo by Jeswin Thomas on Unsplash

Browse blog by tag

Back To Top