sharpnel_content
Alibaba Bocorkan 5 Teknologi Terpopuler 2020

Blog 10 Nov 2020


Alibaba Bocorkan 5 Teknologi Terpopuler 2020

Share

Alibaba Group, melalui badan riset miliknya, Alibaba DAMO Academy, merilis teknologi-teknologi yang populer di tahun 2020. Teknologi-teknologi tersebut menandai pertumbuhan teknologi yang begitu pesat.

Dikutip dari medcom.id, beberapa generasi baru teknologi IT tersebut misalnya teknologi komputasi awan (cloud computing), artificial intelligence (kecerdasan buatan), blockchain, data intelligence, dan jaringan 5G,

Alibaba DAMO Academy membocorkan teknologi-teknologi terpopuler di tahun 2020 dan inilah 5 di antaranya:

1. Kecerdasan Kognitif

Teknologi kecerdasan buatan ada banyak macamnya dan saat ini sudah digunakan di berbagai produk dan layanan. Beberapa teknologi kecerdasan buatan yang bisa kita lihat produknya misalnya saja speech to text (layanan pesan instan), NLP (Natural Language Processing) pada chatbot banking, deepfake video app, machine learning, dsb.

Tak puas berada di situ, para pengembang mulai melirik kecerdasan kognitif yang merupakan versi lanjutan dari kecerdasan buatan. Kecerdasan kognitif akan memanfaatkan psikologi kognitif, ilmu tentang otak, dan sejarah sosial manusia. Ketiganya akan dikombinasikan dengan teknik lintas domain agar mesin dapat memahami dan memanfaatkan pengetahuan, untuk mendapatkan kunci dari kecerdasan perseptual.

2. IoT

IoT sekarang sedang mendapat tempat spesial di dunia teknologi. Sistem IoT yang canggih akan bermanfaat bagi perusahaan manufaktur untuk bisa mengadopsi otomatisasi mesin, logistik pabrik, dan jadwal produksi untuk mewujudkan model bisnis C2B manufaktur pintar (consumer to business smart manufacturing).

IoT akan mendorong terciptanya sistem industri yang saling terintegrasi satu dengan lainnya sehingga bisa mengelola produksi secara menyeluruh mulai dari hulu hingga ke hilir. Kondisi ini tentu akan meningkatkan produktivitas yang pada akhirnya akan berpengaruh ke profit perusahaan.

3. Blockchain

Dikutip dari ekrut.com, Blockchain merupakan sebuah sistem penyimpanan data digital berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi blockchain saat ini sedang naik daun dan dimanfaatkan di berbagai sektor, tapi contoh yang paling nyata adalah pemanfaatan blockchain pada mata uang kripto seperti Bitcoin.

Di masa depan, diprediksikan akan lebih banyak lagi penggunaan blockchain, terutama yang memungkinkan aset fisik untuk ditempatkan menjadi aset di blockchain. Selain itu, aplikasi blockchain inovatif yang dikolaborasikan multi dimensi di berbagai industri dan ekosistem juga akan semakin banyak di masa mendatang.

4. In-Memory Computing

Arsitektur Von Neumann memisahkan memori dan prosesor, serta komputasi yang memerlukan data untuk terus bergerak. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi AI, kondisi perangkat keras menjadi hambatan untuk eksplorasi algoritma yang lebih maju.

Untuk itu, sekarang muncul arsitektur Processing-in-Memory (PIM) dimana memori dan prosesor menyatu, serta komputasi dilakukan di tempat data disimpan untuk meminimalkan pergerakan data. Proses ini bisa meningkatkan efisiensi daya dengan signifikan.

5. Teknologi AI untuk Perlindungan Privasi

Era saat ini menempatkan data menjadi aset yang berharga. Oleh karenanya, perlindungan data menjadi penting dan diatur dalam undang-undang dan peraturan pemerintah. Untuk melindungi data sebagai akibat dari adanya undang-undang tersebut, seringkali tidak murah biayanya dan bahkan ada kecenderungan semakin meningkat biayanya.

Untuk ini, teknologi AI semakin diminati untuk melindungi privasi data. Teknologi AI dipercaya akan mampu menjadi solusi bagi permasalahan penyimpanan data serta masalah berkurangnya kepercayaan untuk praktik berbagi data yang sering terjadi saat ini.

Sebetulnya masih banyak jenis teknologi lain yang diprediksi akan menjadi teknologi penting di masa depan. Tahun 2020 dimana pandemi COVID19 telah melumpuhkan ekonomi berbagai negara, juga menandai bangkitnya teknologi untuk bergeliat kembali dan menjadi solusi untuk memulihkan ekonomi.

Sumber:

Medcomi.id

Photo by Business photo created by natanaelginting – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top