sharpnel_content
4 Aktivitas Sehari-hari ini Memanfaatkan Teknologi AI, lho!

Blog 04 Jan 2021


4 Aktivitas Sehari-hari ini Memanfaatkan Teknologi AI, lho!

AI
Share

Tanpa kita sadari, AI kini telah hadir dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan AI dalam kehidupan manusia semakin luas dari waktu ke waktu. Saking canggihnya teknologi AI, kita bahkan mungkin tidak menyadari adanya teknologi AI yang sedang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, bila Anda masih belum ngeh juga dengan keberadaan teknologi AI di sekitar, kami akan bantu Anda untuk mengenalinya. Teknologi AI dapat kita temui dalam beragam aktivitas manusia, seperti belanja, googling, bahkan fotografi, rata-rata sudah menggunakan AI.

Berikut adalah contoh-contoh penerapan teknologi AI dalam aplikasi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari kita:

1. Aplikasi Ojol

Aplikasi ojol (ojek online) seperti Gojek dan Grab merupakan aplikasi yang dekat dengan masyarakat. Setiap harinya, jutaan orang bisa memesan makanan melalui Gojek dan Grab, atau memesan tumpangan motor atau mobil via aplikasi tersebut.

Dengan banyaknya pengguna yang aktif di aplikasi setiap harinya, maka tak heran bila pengembang aplikasi mulai menerapkan teknologi yang lebih mutakhir untuk menunjang layanan aplikasi. 

Teknologi AI dalam aplikasi ojol digunakan untuk mengoptimalkan proses memilih pengemudi. Misalnya, ketika memesan ojol, aplikasi akan langsung mencari pengemudi yang lokasinya paling dekat dengan pelanggan.

Ketika memesan makanan dengan kata kunci soto misalnya, maka aplikasi akan langsung mencari daftar warung soto berdasarkan kriteria tertentu, misalnya yang lokasinya dekat, ulasan terbanyak, tarif pengiriman murah, dsb.

Kemudian, teknologi AI juga digunakan dalam urusan keamanan pelanggan maupun pengemudi. Teknologi AI kini digunakan untuk mendeteksi adanya pemberhentian yang tidak direncanakan. Ketika sistem mendeteksi hal tersebut, sistem akan mengirim notifikasi ke penumpang dan menanyakan apakah penumpang atau pengemudi membutuhkan bantuan.

2. Streaming Musik dan Film

Dewasa ini orang sudah jarang mendengarkan musik yang disimpan di lokal folder dan memutarnya di aplikasi pemutar musik bawaan laptop atau handphone. Sebagai gantinya, sekarang orang lebih suka mendengarkan musik melalui aplikasi musik streaming seperti spotify, Joox, Deezer, Apple Music, dsb.

Hal yang sama berlaku untuk film. Orang sudah jarang merental VCD dan DVD kemudian menontonnya di laptop atau TV. Sekarang orang sudah bisa streaming film seperti Netflix di laptop, handphone, tablet, bahkan menontonnya di smart TV atau menghubungkan gadget dengan TV melalui perangkat tambahan seperti Chromecast.

Keuntungan streaming musik dan film, tentu adalah tidak memakan penyimpanan yang besar di perangkat atau gawai. Selain itu, aplikasi streaming menyediakan jutaan lagu dan film yang tentunya bisa didengarkan atau ditonton dengan legal melalui paket berlangganan aplikasi.

Nah, aplikasi streaming musik dan film juga menggunakan teknologi AI, lho. Teknologi AI digunakan untuk menemukan rekomendasi musik dan film yang paling sesuai dengan mood atau selera saat itu. 

AI akan mengumpulkan data lagu-lagu yang sering didengar, film yang sering ditonton, kemudian akan mempelajari data tersebut. Selanjutnya, aplikasi akan memunculkan rekomendasi lagu dan film yang cocok dengan yang sering Anda dengar atau tonton.

3. Belanja Online

Belanja online juga tak luput dari jangkauan teknologi AI, apalagi kalau melihat pasar belanja online Indonesia yang begitu besar. Sudah sepatutnya teknologi AI digunakan untuk memuaskan pengalaman belanja masyarakat Indonesia. 

Ketika berselancar di internet, entah itu browsing di Google, atau di sosial media seperti Facebook dan Instagram, kita akan menemukan postingan iklan. Postingan iklan tersebut terkadang merupakan postingan produk yang sedang kita cari-cari selama ini.

Tentu ini bukan sihir jadi jangan kaget kenapa internet tahu apa yang sedang Anda butuhkan. Tidak seperti itu. Ini semua adalah kerja sains, terutama kerja AI. Sama seperti kerja AI dalam aplikasi streaming musik dan film, AI akan mempelajari aktivitas pencarian anda di internet kemudian menggunakan data tersebut untuk memberikan rekomendasi iklan produk yang sedang Anda butuhkan.

Salah satu cabang AI, yaitu pengenalan gambar (image recognition) kini juga digunakan dalam situs atau aplikasi belanja online. Manakala anda ingin mencari suatu produk tapi tidak tahu namanya, sementara Anda punya gambarnya, maka Anda bisa mengunggah gambar tersebut ke aplikasi atau situs belanja online. Kemudian, mesin pengenalan gambar di situs atau aplikasi belanja online akan memunculkan produk-produk yang serupa dengan gambar yang Anda unggah.

4. Fotografi dalam Smartphone

Smartphone dewasa ini semakin canggih. Terkadang, ketika membeli smartphone, yang pertama ditanya adalah apakah kameranya bagus. Maka dari itu, kamera smartphone haruslah canggih dan mumpuni untuk menjawab kebutuhan konsumen dewasa ini.

Semakin canggihnya kamera smartphone dibuktikan dengan penggunaan AI dalam kameranya. Kamera smartphone kini dibekali AI, tepatnya teknologi pembelajaran mesin (machine learning) untuk meningkatkan kualitas jepretan yang dihasilkan.

AI dalam kamera akan mempelajari objek yang akan difoto, kemudian akan secara otomatis mengoptimalkan pengaturan kamera untuk menghasilkan foto terbaik. Dengan bantuan AI, anda bisa menjepret berbagai objek foto dengan kualitas lebih baik dari kamera smartphone sebelum era AI.

Referensi:

tekno.kompas.com
Technology photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Browse blog by tag

Back To Top