sharpnel_content
10 Rekomendasi Aplikasi untuk WFH

Blog 02 Jun 2020


10 Rekomendasi Aplikasi untuk WFH

Share

Untuk Anda tengah bergerilya mencari pemasukan dari rumah selama pandemi COVID-19, pastikan untuk mempersenjatai diri dengan aplikasi yang tepat. Kini, banyak sekali aplikasi terbaik untuk Work from Home yang bisa Anda pilih. Ini dia 10 rekomendasi aplikasi untuk WFH yang menawarkan banyak fitur unggulan sehingga Anda dapat bekerja secara optimal dan produktif. Kini, bekerja dari rumah pun bisa senyaman bekerja di kantor.

Daftar 10 Rekomendasi Aplikasi untuk WFH

Lalu, apa saja 10 rekomendasi aplikasi untuk WFH yang laik untuk dilirik? Selain Dropbox, Anda juga bisa mempertimbangkan aplikasi Kintone, Slack, dan lainnya berikut ini! 

1. Nozbe

Dengan minimnya pengawasan, banyak orang yang cenderung kurang produktif selama WFH. Solusinya, Anda bisa memakai aplikasi to-do-list Nozbe. Silakan untuk menentukan skala prioritas dari tiap task dan masukkan to-do-list harian di aplikasi Nozbe. Dengan begitu, Anda bisa fokus menyelesaikan task-task urgent dan tidak ada lagi agenda menunda-nunda pekerjaan. 

Selain untuk diri sendiri, Anda juga bisa memantau to-do-list anggota tim dalam kalender. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui task apa saja yang dikerjakan oleh tiap anggota tim. Semua pekerjaan bisa dikontrol dengan baik dan bisa selesai sesuai target. 

Link Download Nozbe: App Store and Play Store

2. Basecamp 3

Peribahasa sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui rasanya cocok untuk mendeskripsikan fungsi aplikasi Basecamp 3. Aplikasi ini tak hanya dapat digunakan untuk manajemen task dalam tim, tetapi juga untuk kolaborasi langsung dengan klien. 

Aplikasi ini pun menjadi solusi untuk kebutuhan kolaborasi yang efektif antara dua perusahaan. Apa saja yang bisa Anda lakukan dengan klien di Basecamp 3? Klien dapat melihat deadline dan mencari dokumen proyek. Tak hanya itu, kedua belah pihak juga dapat berkomunikasi dalam grup chat

Link Download Basecamp 3 : Play Store & App Store

3. Kintone Mobile

Dengan memakai Kintone Mobile, Anda bisa mengelola data dan komunikasi dari balik layar smartphone! Kintone merupakan sebuah cloud service yang membantu Anda untuk manajemen task dan memusatkan data dan komunikasi. Nantinya, Anda dapat membagikan informasi tersebut kepada anggota tim dengan mudah. 

Aplikasi ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin memakai aplikasi Kintone secara mobile bebas ribet, termasuk saat tak berada di kantor. Walau tidak bertatap muka, Anda akan mendapatkan notifikasi status dari suatu task atau proyek sehingga pekerjaan dapat terpantau dengan baik. 

Link Download Kintone : Play Store & App Store

4. Coffitivity

Jika Anda adalah seorang social butterfly yang biasa bekerja dari satu kafe ke kafe yang lain, silakan memakai aplikasi Coffitivity. Aplikasi ini disinyalir dapat meningkatkan produktivitas dengan menciptakan nuansa ala kafe di segala tempat. Dengan adanya generator suara kafe, Anda pun bisa makin fokus dan kreatif saat bekerja. 

Kerennya, Anda dapat memilih nuansa kafe yang Anda inginkan. Jadi, setiap harinya Anda bisa berganti konsep sesuai dengan suasana hati. Misalnya, nuansa kafe saat makan siang, kafe mewah, sampai nuansa kafe ala kampus! 

Link Download Coffitivity : App Store

5. Spark 

Apakah dalam sehari Anda menerima begitu banyak e-mail sehingga sering kesulitan untuk mencari e-mail dari klien tertentu? Tenang saja, Anda pun bisa melakukan manajemen e-mail melalui aplikasi Spark. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengatur e-mail mana saja yang akan diprioritaskan. 

Dengan demikian, tidak akan ada lagi tragedi e-mail klien lupa belum dibalas atau tertumpuk dengan e-mail lainnya. Nantinya, Anda akan menerima notifikasi dari e-mail yang Anda kenali saja. Jika e-mail tersebut penting, Anda bisa segera membalasnya. Satu fitur keren dari aplikasi ini adalah kamu bisa menulis e-mail bersama-sama di Spark. 

Link Download Spark : Play Store & App Store

6. Slack 

Apakah Anda memiliki kendala komunikasi dengan tim selama WFH? Yuk, segera atasi kendala ini dengan memakai aplikasi Slack. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk komunikasi secara langsung dengan individu atau anggota tim. Anda pun bisa menyetel pengaturan channel dalam versi private atau public. Tak hanya itu, Slack ditanami fitur Slackbot yang berfungsi sebagai pengingat task atau meeting

Nantinya, Anda tinggal memasukkan anggota tim yang dikehendaki. Keunggulan utama dari media komunikasi ini adalah Anda dapat mengatur work status di Slack. Dengan begitu, rekan kerja Anda akan mengetahui posisi Anda secara real time. Apakah Anda sedang libur, sakit, makan siang, dan lain-lain. Dengan cara pengoperasian yang mudah dan sederhana, Anda dapat menyebarkan satu informasi langsung ke beberapa orang dalam satu channel. Terakhir, Anda juga dapat mengintegrasi Slack dengan Kintone

Link Download Slack : Play Store & App Store

7. Skitch

Bagi Anda yang bekerja di industri kreatif, tak akan lagi kesulitan untuk berbagi ide dengan Skitch. Skitch merupakan sebuah aplikasi yang berhasil mengubah fungsi whiteboard menjadi produk digital. Anda bisa melakukan corat-coret di Skitch untuk menjelaskan ide Anda. Anda yang berprofesi sebagai desainer juga bisa memanfaatkan Skitch untuk menjelaskan detail desain. 

Link Download Skitch : App Store

8. Clockify

Bagaimanakah cara terbaik untuk melakukan tracking pekerjaan karyawan? Meski tidak bisa mengawasinya secara langsung, Anda bisa mengawasinya melalui aplikasi Clockify. Fungsi utama dari app ini adalah untuk melakukan tracking dari working time

Selama jam kerja berlangsung, Anda dapat melihat aktivitas apa saja yang karyawan atau rekan kerja Anda kerjakan. Aplikasi ini bekerja dengan tiga cara yaitu mengisi waktu secara manual pada field yang sudah disiapkan ketika pekerjaan selesai. 

Kedua, menambahkan waktu di time sheet dan terakhir tracking dari awal sampai kerja selesai. Kalau mau, Anda pun bisa mengecek proyek apa yang sedang anggota tim Anda kerjakan di dashboard Clockify. 

Link Download Clockify : Play Store & App Store

9. Dropbox

Dropbox memang menjadi salah satu media penyimpanan yang tak lekang oleh waktu. Sejak pertama kali dirilis hingga saat ini, Dropbox tetap menjadi langganan para pekerja kantoran untuk mengunggah dan mentransfer data. Anda yang sehari-hari berjibaku dengan file-file besar seperti foto dan video pasti akan sangat terbantu dengan aplikasi ini. 

Menariknya, Anda bisa men-share data tersebut dalam link yang bisa langsung bisa diunduh. Dengan sistem yang ekstrapraktis, Anda tidak perlu lagi menambahkan lampiran secara manual di e-mail

Link Download Dropbox : Play Store & App Store

10. Serene 

Khusus untuk pengguna Mac, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Serene untuk meningkatkan produktivitas ke level tertinggi! Fungsi utama aplikasi ini adalah memblokir hal-hal yang bisa mengganggu produktivitas. Misalnya, memblokir situs media sosial dan website berita sehingga Anda tetap fokus pada pekerjaan. 

Selain itu, aplikasi ini masih punya banyak fitur keren lain, seperti timer yang menunjukkan berapa sisa waktu Anda sebelum deadline. Ada juga fitur musik yang bisa membuat Anda makin rileks dan konsentrasi saat bekerja. 

Link Download Serene for macOS

Rekomendasi Aplikasi untuk WFH dari AQI Teams

Dengan memakai 10 rekomendasi aplikasi untuk WFH, Anda pasti makin khusyuk dalam bekerja. Untuk AQI teams sendiri, kami memakai aplikasi Kintone dan Slack selama WFH. Dengan kedua aplikasi ini, kami dapat bekerja secara maksimal laiknya bekerja biasa di kantor. 

Browse blog by tag

Back To Top